Minggu, 03 Juni 2012

Tips mengamankan penggunaan kartu kredit anda


Bagi pemegang kartu kredit, ada satu hal yang mesti anda hindari, yaitu penipuan atau penyalah gunaan kartu kredit milik anda. Hal ini disebabkan karena informasi kartu kredit anda sangat rentan untuk dicuri oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (atau biasa disebut scammer). Nah, untuk membantu anda mengamankan kartu kredit anda, berikut ini tips-tips yang mesti anda terapkan:

Yang pertama, simpan kartu kredit di tempat yang seaman mungkin. Usahakan untuk menyimpan di tempat yang mudah untuk anda lihat atau jangkau (dompet adalah pilihan terbaik). Selain, itu, jangan tampilkan kartu kredit anda terlalu lama, scammer bisa saja mengambil foto dari kartu kredit anda.

Yang kedua, jangan lupa menghancurkan segala sesuatu yang mencantumkan nomor kartu kedit anda. Saat anda menerima bill penggunaan katu kredit, sebaiknya anda robek-robek terlebih dahulu sebelum anda buang ke tempat sampah (lebih aman lagi jika anda membuang sobekannya tidak di satu tempat sampah).



Tips yang ketiga, jangan pernah menandatangani tanda terima kartu kredit yag kosong. Setelah anda menggunakan kartu kredit anda, sebaiknya anda cek jumlah pembayaran anda. Jika ada yang kosong di tanda terima, sebaiknya anda coret sebelum anda tanda tangani. Hal ini penting, sebab bisa saja kasir mengisikan sejumlah angka yang kemudian dibebankan pada tagihan bulanan anda.

Hal yang keempat, hindari untuk memberikan informasi tentang kartu kredit anda kepada sembarang orang. Anda sebaiknya memastikan terlebih dahulu sebelum memberikan informasi kartu kredit anda kepada seseorang. Salah satu modus penipuan kartu kredit adalah menelpon nasabah dengan berpura-pura sebagai pihak bank dan menanyakan informasi kartu kredit anda.

Cara kelima untuk mengamankan kartu kredit anda adalah berhati-hati saat bertransaksi online menggunakan kartu kredit anda. Jika anda bertransaksi via online, pastikan anda bertransaksi lewat website yang bisa dipercaya. Selain itu, hindari membuka link dari email yang mengatasnamakan bank, ataupun perusahan kartu kredit, meskipunemailtersebut terlihat meyakinkan. Ini merupakan salah satu modus pencurian data kartu kredit yang biasa dilakukan scammer.

Keenam, laporkan segera ke bank anda bila anda kehilangan kartu kredit anda. Hal ini penting, supaya pihak bank segera memblokir kartu kredit anda.

Tips yang terakhir, cek dan review tagihan bulanan kartu kredit anda. Jika ada transaksi mencurigakan yang anda yakini tidak pernah anda lakukan, segera melapor ke pihak bank anda.

Nah, itu tadi tips-tips suapaya anda merasa aman dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit anda. Sekali lagi, waspadalah dan bijaksanalah dalam menggunakan kartu kredit anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar