Selasa, 12 Juni 2012

Tips bijak menggunakan kartu kredit saat berbelanja


Kartu kredit, salah satu manfaat yang paling dirasa dari uang plastik ini adalah kemudahan dalam bertransaksi. Apalagi buat para shopaholic yang doyan menghabiskan uang di mall-mall, mereka hanya tinggal gesek doing. Belum lagi kalau ada acara yang meberikan penaaran diskon besar-besaran, rasanya tangan ini gatal pengen segera nggesek kartu kredit. Namun, jika anda tidak berhati-hati dengan penawaran tersebut, maka anda aan terjebak dengan tagihan bulanan yang membengkak dan bikin anda kaget setengah hidup, hehehehe. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ini dia beberapa tips menggunakan kartu kredit saat berbelanja dengan bijak.

Tips 1: Buat perencanaan belanja
Sebelum anda bepergian apalagi ke even belanja dengan diskon, sebaiknya anda rencanakan apa yang hendak anda beli. Namun, tegaskan pada diri anda agar disiplin dengan daftar belanjaan anda saja.

Tips 2: Perbandingan harga



Sebelum anda pergi ke mall dan belanja daftar belanjaan anda, ada baiknya anda mengecek daftar harganya terlebih dahulu secara online. Ini untuk menghindari jika anda tertipu dengan penawaran diskon yang ada di pusat perbelanjaan. Sebab, terkadang harga diskon hanya sedikit lebih murah atau bahkan sama dengan harga normal.

 Tips 3: Perhatikan kualitas barang serta sesuai tidak dengan anda

Jangan lupa untuk mengecek barang yang hendak anda beli. Jangan sampai anda ibarat “membeli kucing dalam karung” yang ujung-ujungnya membuat anda kecewa. Kadang, pemegang kartu kredit sering tergiur dengan penawaran diskon sehingga sering lupa untuk memperhatikan kualitas barang. Terkadang, kita juga sering membeli barang yang tidak sesuai dengan diri kita, seperti ukuran, warna, kegunaan , dll.

Tips 4: Bawa kartu kredit dengan limit terkecil serta uang tunai

Jika anda shopaholic dan takut tidak bisa mengontrol kebiasaan belanja anda, sebaiknya anda membawa hanya satu kartu kredit saja. Usahakan untuk membawa kartu dengan limit terkecil. Namun, sebagai antisipasi jika anda benar-benar tidak bisa menahan lagi godaan diskon, sebaiknya anda membawa uang tunai.

Nah pembaca yang budiman, itu tadi beberapa tips agar anda bijak menggunakan kartu kredit saat belanja. Jangan sampai kartu kredit memperbudak anda seumur hidup. Semoga ini membantu anda dalam mengatur pengunaan kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar