Senin, 25 Juni 2012

Menggunakan tagihan kartu kredit untuk mengontrol pembelanjaan anda


Kartu kredit, meskipun akan sangat membantu dalam kebutuhan berbelanja, bisa saja menjerumuskan anda dalam hutang yang berkepanjangan. Oleh sebab itu, bijaksanalah dalam bertransaksi dengan melakukan kontrol pengeluaran anda. Salah satu cara yang dianggap efektif dalam mengontrol hal tersebut adalah dengan memperhatikan tagihan kartu kredit.

Memang bentuk tagihan kartu kredit bisa sangat berbeda tergantung pada bank penerbitnya. Akan tetapi, jika dilihat secara seksama, maka anda akan melihat informasi yang relatif sama. Jika anda ingin bisa mengontrol pembelanjaan, setidaknya ada beberapa poin yang harus anda perhatikan, antara lain:



  • Minimum payment merupakan nominal minimum yang harus anda bayar agar anda tetap bisa menggunakan kartu kredit anda. Akan tetapi, kami menyarankan anda agar tidak membayar hanya sesuai angka yang tertera dalam minimum payment. Ini penting agar anda tidak semakin terjebak dengan bunga kartu kredit yang akan mencekik anda.
  • Jatuh tempo adalah poin lain yang harus mendapat erhatian nasabah. Usahakan agar anda tidak membayar tagihan kartu kredit melewati masa jatuh tempo, atau anda akan terkena bunga atau biaya tambahan. Jika demikian, anda justru akan merasa terbebani.
  • Poin selanjutnya adalah limit saldo. Setiap kartu kredit memiliki limit atau batasan jumlah yang bisa gunakan untuk bertransaksi. Usahakan agar anda tidak berbelanja melebihi limit yang telah ditentukan, atau anda akan terkena biaya tambahan.
  • Poin penting lainya yang tidak boleh diabaikan adalah ada atau tidaknya sisa tunggakan dari bulan sebelumnya. Jika memang ada, sebaiknya anda mempelajari berapa bunga yang dikenakan atas sisa tungakan yang ada.
  • Poin selanjutnya adalah pembayaran yang telah anda lakukan. Dengan demikian anda bisa menghitung berapa kekurangan yang harus anda bayar plus bunga yang harus anda tanggung.
  • Poin terakhir yang harus anda perhatikan dalam tagihan kartu kredit adalah jumlah transaksi yang anda lakukan. Cocokkan tagihan tersebut dengan kuitansi atau bukti pembayaran yang anda miliki. Lakukan pengaduan jika ada kejanggalan yang tidak sesuai dengan bukti yang anda miliki.

Nah, itu tadi beberapa langkah menggunakan tagihan kartu kredit untuk mengontrol pembelanjaan anda. Dengan demikian, anda tetap bisa merasakan manfaat kartu kredit dengan maksimal. Semoga artikel ini bisa membantu para pemegang kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar