Rabu, 18 Juli 2012

Tipe pemakai kartu kredit dan faktor yang mempengaruhinya


Kartu kredit dari waktu ke waktu penggunaannya semakin meningkat. Bahkan hinga saat ini, kurang lebih 15 juta kartu plastik yang diterbitkan oleh bank-bank penerbit untuk memuaskan keinginan nasabahnya. Tapi tahukah anda jenis-jenis pemakai kartu kredit dan faktor yang mempengaruhi seseorang untuk memilih menggunakan atau tidak sebuah alat pembayaran yang canggih ini.

Pembagian tipe pemakai kartu kredit bisa dilihat dari intensitas penggunaannya. Dari situ, kita bisa mengategorikan si empunya kertu menjadi 3 bagian, yaitu:

Kelompok I: Pemakai kartu kredit dengan intensitas rendah

Kelompok yang pertama ini merupakan yang paling dominan. Biasanya mereka hanya menggunakan kartu kredit 1 hingga 3 kali saja dalam satu bulan. Alasan mereka menggunakan kartu kredit bisa bervariasi. Ada yang membuat kartu kredit karena mereka gunakan sebagai dana cadangan seandainya sewaktu-waktu mereka membutuhkannya. Namun, ada juga yang memiliki kartu kredit agar mendapatkan prestige.



Kelompok II: Pemakai kartu kredit dengan intensitas sedang

Kelompok yang kedua ini berada di urutan kedua dalam jumlahnya. Rata-rata, mereka mengunakan kartu kreditnya 4 – 6 kali dalam sebulan. Alasan mereka ketika membuat kartu kredit bisa dikarenakan kemudahan yang ditawarkan, atau karena diskon dan reward yang menarik bagi mereka.

Kelompok III: Pemakai kartu kredit dengan intensitas sering

Kelompok ini hanya berjumlah sebagian orang saja, dan biasanya didominasi olh orang-orang dengan tingkat ekonomi menengah ke atas. Biasanya, mereka bertransaksi dalam satu bulan lebih dari 6 kali transaksi. Alasan mereka menggunakan kartu kredit karena mereka memang membutuhkannya demi menunjang gaya hidupnya.

Nah, itu tadi beberapa tipe pemakai kartu kredit yang bisa dilihat dari intensitas penggunaannya. Anda sendiri, masuk di kelompok yang mana? Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para emegang kartu kredit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar